Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan

Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan - Hallo sahabat Simple Test, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan
link : Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan

Baca juga


Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan


    Manusia sejak dahulu selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya maka manusia disebut sebagai mahluk sosial. Pada zaman permulaan komunikasi yang digunakan masih sangat sederhana, ada beberapa periode waktu diantaranya:

a. Periode s.d 3000 SM
    Pada periode ini manusia berkomunikasi masih terbatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan dan mereka melukiskan di dinding-dinding gua perihal berburu dan binatang buruannya. Kemampuan berbahasa manusia hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.

b. Periode 3000 SM
    Pada periode tahun 3000 SM, untuk pertama kalinya bangsa Sumeria menggunakan tulisan dalam berkomunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf bangsa Sumeria juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda-beda, sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.

c. Periode 2900 SM
    Pada periode 2900 SM bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol obyek, seperti perkakas,  binatang atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi, seperti gerakan, waktu, dan perasaan gembira. Sistem penulisan telah digunakan oleh dinasti Shang di Cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis tersebut menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata.

d. Periode 500 SM
    Bangsa Mesir Kuno sudah mulai menggunakan serat papyrus sebagai kertas. Serat papyrus lebih kuat dari pada tanah liat. Kebanyakan teks-tesk yang disimpan diperpustakaan Mesir Kuno ditulis di atas gulungan yang terbuat dari pohon papyrus. Dengan cara melapisi, membasahi, dan  mengeringkan, orang Mesir Kuno mendapatkan permukaan yang baik untuk menulis.

e. Periode 105 SM
    Pada periode 105 SM, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari bambu yang sudah dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem percetakan yang dilakukan dengan menggunakan balok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta, atau sekarang yang kita kenal dengan sistem Cap. Pada periode ini, bangsa Hindus di India telah membuat sistem bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.


Demikianlah Artikel Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan

Sekianlah artikel Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan dengan alamat link https://simple-latest.blogspot.com/2016/10/teknologi-komunikasi-pada-zaman.html

0 Response to "Teknologi Komunikasi Pada Zaman Permulaan"

Post a Comment